SELAMAT DATANG di nobitaufiqhidayat.blogspot.com sering-sering kunjung ya,.. :D

Kamis, 03 Januari 2013

Cara Menghindari Mabuk Perjalanan oleh pengalaman



Assalamu’alaikum wr.wb 

Bismillahirrohmanirrohim,... Kali ini saya ingin membagi pengalaman saya tentang mabuk atau muntah saat perjalanan, khususnya perjalanan di mobil atau bus. Jaman dahulu kala, saya sangat tidak suka perjalanan dengan menggunakan mobil atau bus entah itu jauh ataupun dekat, saya lebih suka menggunakan motor untuk berpergian, tapi sekarang sudah tidak takut lagi perjalanan sejauh apapun dengan menggunakan mobil atau bus akan saya hadapi dengan lapang dada,..hehe. Sebelumnya saya ingin menceritakan sedikit pengalaman mabuk perjalanan saya, jaman dahulu kala saya adalah anak yang sangat sering sekali mabuk perjalanan walaupun itu hanya berjarak 7 km, haduh-haduh sangat merepotkan bukan? Dulu saat SMP study tour di bandung kalau di hitung-hitung bisa mabuk dengan jumlah 20an lebih, mulai saat itu saya tidak pernah berpergian jauh. Saat SMA lagi-lagi ada study tour, saya langsung mempersiapkan diri saya untuk membeli kantong kresek sebanyak-banyaknya, seperti yang saya duga saya mabuk sebanyak 14 kali saat itu study tour hanya dalam waktu 1 hari saja di goa gong, saya sudah minum obat anti mual tapi tidak ada efek sedikitpun. Kiranya cukup sekian pengalaman mabuk saya, sebenarnya masih banyak sekali pengalaman mabuk perjalanan saya, tapi nanti kalau saya cerita panjang lebar malah bosen,.. hehe. Nah dari pengalaman perjalanan mabuk itulah saya mendapatkan pengalaman-pengalaman untuk tidak mabuk dalam perjalanan. 

Okey saatnya masuk tips untuk mencegah mabuk perjalanan,.. 

Pertama, sebelum perjalan anda harus sudah siap dan berfikir positive bahwa saya pasti bisa dan kuat. Menurut pengalaman saya, ini cukup manjur untuk mencegah mabuk perjalanan apalagi kalau di kolaborasikan dengan tips-tips selanjutnya.

Yang Kedua, duduklah paling depan. Menurut pengalaman saya hal ini lumayan manjur.
 
Ketiga, Tidur. Nah,.. ini sangat manjur untuk mengurangi mabuk perjalanan.
 
Keempat, hindari makan yang beraroma amis dan makan secukupnya (tidak berlebihan), selain itu saya sarankan untuk minum air hangat,Ex: Teh Anget.
 
Kelima, Pusar (wudel) di tembel pakek salonpas, Insyaallah bisa mengurangi mabuk perjalanan.
 
Keenam, Bawa mp3 dan isilah dengan lagu-lagu kesukaan. Menurut pengalaman saya, ini yang paling manjur. Coba anda dengarkan lagu kesukaan anda menggunakan headset dengan volume agak keras, untuk sekedar bebagi pengalaman,.. lagu yang enak di dengerin saat “perjalananku” salah satunya adalah butterfly yang dinyanyikan oleh melly goeslaw dan andhika bagi kalian yang mungkin sudah pernah melihat filmnya mungkin akan menambah kenikmatan tersendiri untuk mendengarkan lagu ini,lagu yang lain yang sering saya dengar saat perjalanan yaitu More than words oleh westlife, We are young oleh fun. , Overboard oleh justin bieber, Somebody that I used to know oleh Gotye, dll pokoknya lagu yang bisa bikin kita menjadi senang.
 
Ketujuh, usahakan kepala tidak menunduk kebawah.
 
Kedelapn, konsumsi obat anti mual, obat anti mual sangat berfariasi, ada yang murah-mahal. Pilih obat yang sekiranya cocok untuk anda dan jangan lupa untuk membaca keterangan atau dosis obat.
 
Kesembilan, Nikmatilah pemandangan saat perjalanan.
 
Kiranya cukup sekian dari saya, semoga bermanfaat, Terimakasih,... saya akhiri Wassalamu’alaikum wr. wb.

13 komentar:

  1. SangAT MembANTu,,,,..,.''[[p8rr'

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Itu di dapat dari pengalaman saya mbak... Dan saya sudah membuktikan hasilnya manjur...
      He

      Hapus
  3. Saya boelh copas gak kak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke... boleh saja... kalau bisa dikasih sumbernya ya..hehe.. Semoga bermanfaat

      Hapus
  4. Terimakasiy tipsnya... Sangat bermanfaat untuk ane yang suka touring.

    BalasHapus
  5. Kak, kakak bneran gk mabok perjalanan lagi?
    Caranya gimana kak? Kalau aku it selalu pny sugesti negatif kalau mau naik bus, kalau naik pasti muntah.. gitu terus...
    Menurut kakak aku harus gimana? Aku pengen ngk mabok terus2an, rasanya gk nyaman bgt. Apalagi kalau busnya guncang gt, jd tambh pngen mual.. apa latian naik bus setiap hari bisa menghilangkan kebiasaan mabok ya kak?
    Please jawab kak.. aku pengen sembuh.. kakak yg lebih pengalaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke... akan coba saya bantu, kalau menurut pengalaman, di usahan sebelum naik kendaraan untuk tidak makan terlalu kenyang, jangan makan yang amis seperti telur, dan jangan minum teh dan kopi karena dapat membuat asam lambung naik. kalau tidak suka dengan bau bus pakai masker. jangan lupa untuk minum obat anti muntah : dimenhidrinat (murah kok). nikmati perjalan dengan hati senang dengan cara mendengarkan lagu yang kita suka misalnya...

      Hapus
    2. kalau obat tersebut kurang manjur bisa di coba ganti obat yang lebih mahal: Dramamine.di minum 30 menit sebelum bepergiuan

      Hapus